Belajar Bahasa Arab… Okelah klo begitu…

Di sesi kali ini kita akan mencoba unutk belajar salah satu bahasa yang nantinya akan menjadi bahasa bagi para penduduk di surga… So, klo kita mau masuk surga terlebih dahulu belajar bahasanya ya…

Diantara kesekian manfaat dari bahasa arab, maka dibawah ini saya jabarkan beberapa keutamaannya… :D

  1. HASSAN AL-BANNA di dalam wasiat sepuluhnya pernah menyebutkan: “Berusahalah sedaya upaya untuk bertutur dalam bahasa Arab yang baik karena bahasa Arab yang baik itu adalah salah satu syiar Islam.”
  2. Al-Qur’an secara jelas meletakkan keutamaan bahasa Arab melalui firman Allah, “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur`an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (Yusuf: 2).
  3. Bahasa Arab adalah bahasa pilihan Allah dalam menyampaikan risalah kehidupan di dunia dan akhirat kepada manusia. Ini digambarkan di dalam surah az-Zumar ayat 28: “(Yaitu) Al-Qur’an dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa).”

Apakah sebenarnya keistimewaan bahasa Arab? Keistimewaan bahasa Arab sudah diakui dan di dibuktikan oleh pakar-pakar ilmu bahasa (linguisticans), pengkaji bahasa (philogist) dan perkamusan (lexicographers). Bahasa Arab mempunyai kecantikan yang tersendiri dengan susunan irama, urutan kata dan nada kata yang cukup menyentuh jiwa para pendengarnya.

Dari gabungan ketiga unsur ini, maka lahirlah rentak dan rima vokal dan konsonan lantunan nada yang meliputi penggunaan bibir (labial), gigi (dental), lidah, (lingual), lelangit (palatal) dan kerongkong (guttural).

Ini dapat dibuktikan melalui penggunaan ilmu tajwid seperti yang dipraktikkan dalam membaca Al-Qur’an. (Islam dan al Hadith: Abdul Halim el Muhammady). Pencinta bahasa Arab akan mendapati bahasa ini turut kaya dengan makna dalam setiap kata. Selain itu, keutuhannya tetap jelas, sehingga sampai hari ini, meskipun kemunculan bahasa slang, bahasa pasar dan dialek-dialek daerah atau logat-logat tertentu yang begitu luas diguna pakai oleh generasi hari ini, bahasa Arab murni tetap terjaga.

Para ulama bersepakat meletakkan pengetahuan bahasa Arab penting untuk mempelajari, memberi fatwa dan mengajar kajian Islam. Bahasa Arab turut digelar sebagai lisan al Malaikah (bahasa para malaikat) atau kalam al Jannah (Bahasa ahli syurga).

Bahasa Arab memberi satu pengaruh cukup besar terhadap perkembangan tamadun manusia pada masa sekarang ini. Sebagaimana diutarakan oleh Prof. Dr. Ayatrohaedi dari jurusan Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, bahwa bahasa Arab telah dijadikan salah satu sumber istilah baru. (Harian Pikiran Rakyat: 30 September 2002)

Menurut penelitian, lebih dari 1000 kata Arab telah dipinjam oleh bahasa Melayu, khususnya kata yang berkaitan dengan cabang ilmu Islam. Bagi Munif Zarirruddin Fikri Nordin, bahasa Arab turut membantu dalam memperkembangkan bahasa Melayu dan pemikiran orang-orang Melayu dalam era globalisasi.

Bagi beliau, penggunanya dalam memahami al-Quran dan hadist turut memberi kesan besar kepada seluruh aspek pembangunan lahiriah dan rohaniah Islam, termasuk bahasa dan pemikiran Melayu. Ia mengistilahkan bahasa Arab sebagai bahasa agama yang saintifik, rasional, bersifat ilmu pengetahuan, tepat dan jitu.

Bagi Yusuf al-Qardhawi, fungsi bahasa Arab dan hubungannya dengan maju mundurnya agama Islam, merupakan satu hubungan yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan sama sekali. Hubungan ini seperti hubungan jasad dengan roh.

Untuk memepermudah proses belajarnya, maka dibawah ini dody menyediakan beberapa link MP3 percakapan bahasa arab sehari-hari, sehingga akan mempermudah proses belajar kita… Terutama bagi orang-orang yang cara belajarnya adalah Auditori seperti saya… hehehe :D

Selamat belajar ya…

Dikutip dari :

http://ianaja.multiply.com

Dengan perubahan secukupnya…

Link Download :

Bahasa Arab Harian

Belajar Bahasa Arab Metode Fatum Dasar

Belajar Bahasa Arab Metode Fatum 1

Belajar Bahasa Arab Metode Fatum 2

About these ads

~ by dodynurdiansyah on December 24, 2009.

One Response to “Belajar Bahasa Arab… Okelah klo begitu…”

  1. blognya gak pernah di update yaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: